Berita Kini

Asal Usul Buah Merah

Buah merah papua
WAMENA, PACEKRIBO - Pandanaceae merupakan suatu suku tumbuhan yang berbentuk semak perdu atau pohon dengan batang besar tumbuh tegak, bercabang-cabang terdiri atas 3 marga utama yakni Pandanus, Freycinetia dan Sararanga. Freycinetia dan Sararanga ini diperkirakan 200 jenis yang tersebar di daerah tropika, di tepi-tepi pantai dan sungai tetapi tidak terdapat di Amerika, sedangka Pandanus ada 19 jenis diantaranya sudah dimanfaatkan oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Irian Jaya, Papua New Guinea dan Ambon buahnya digunakan sebagai bahan pangan (Heyne, 1987 dalam Nainggolan, 2001).

Menurut Penggu (2004), melaporkan bahwa penyebaran tanaman buah merah berasal dari kepulauan samoaraine Papua New Guinea (PNG), dengan sebutan Marita, di Papua pada umumnya menyebut buah merah karena buahnya merah, tetapi khususnya pedalaman pegunungan Jayawijaya menyebut Tawi, sedangkan di kepulauan Halmahera sebutanya Sihu dan Seram Sahu. Kedua kepulauan ini buah merah dapat tumbuh subur secara liar di hutan belukar maupun dibudidayakan oleh masyarakat pribumi. 
Lebih lanjut (Penggu, 2004), menyatakan bahwa penyebaran buah merah melalui burung-burung Cendrewasih yang dapat makan biji-biji buah merah kemudian berterbangan dari daerah yang satu ke daerah yang lain dan buang biji dalam bentuk korotan (feses) Cendrewasih diatas permukaan tanah dan lama kelamahan dapat tumbuh sebagai tanaman baru, karena biji buah merah memiliki kulit arinya yang keras, sehingga dapat menyebabkan dalam proses saluran pencernaan burung Cendrawasih sebagai masa dormansi biji.
Buah merah papua
Bernard (2005), melaporkan di Papua penyebaran buah merah hampir merata baik dari dataran rendah sampai dataran tinggi pegunungan Jayawijaya. Di dataran rendah seperti Jayapura dan Merauke juga di temui beberapa tanaman buah merah, tetapi populasinya sedikit, dibandigkan dengan daerah dataran pegunungan Jayawijaya yang menjadi sentra produksi industri minyak buah merah saat ini.


Buah merah papua

1.2. Deskripsi Tanaman Buah Merah
Dalam taksonomi tumbuhan, buah merah klasifikasikan adalah sebagai berikut:
Kingdom           : Plant/tumbuhan
Divisi                : Spermaophyta
Kelas                 : Angiospermae
Subkelas           : Monocotyledonae
Ordo             : Pandanales
Famili               : Pandanaceae
Genus               : Pandanus
Spesies              : Pandanus conoideus LAMK

Sebagai tanaman endemis yang terdapat di paparan suhul yaitu kepulauan papua dan ambon juga terdapat 3 jenis buah merah berwarna merah, hijau kuning yang dapat bertumbuh secara liar maupun dibudidayakan masyarakat pribumi, tanaman ini berada pada posisi dataran tinggi maupun dataran rendah dengan ketinggian 300-2.500 m dpl, dengan kondisi suhu lembab dan basah, yang selalu bertumbuh secara bergerombol pada wilayah pinggiran aliran sungai maupun di lereng-lereng gunung dan perbukitan. 
Buah merah papua
Pada umumnya tanaman buah merah dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah dengan keadaan sifat fisik tanah yang berbeda, tetapi ada dua penilaian sifat fisik tanah sebagai faktor lingkungan yaitu iklim, topografi, mikroorganisme, vegetasi dan waktu berhubungan dengan tekstur tanah, struktur tanah, konsistensi, porositas, warna dan kedalaman.

Penulis: Dr. Been Kogoya, SP, MMA

Baca juga: 
  1. Tanaman Endemik Sangat Bermanfaat Bagi Masyarahkat Papua
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang baik, sopan dan santun.
Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan.
Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Item Reviewed: Asal Usul Buah Merah Rating: 5 Reviewed By: Pace Kribo