Berita Kini

Masalah Papua Barat Telah Menjadi Agenda Utama di..!!

Sem Ukago, Sekjen KNPB Wilayah Timika
TIMIKA, PACEKRIBO - Hari ini adalah hari yang emosional bagi kita. Selama lebih dari lima puluh tahun konflik terus berlanjut. Begitu banyak dari keluarga dan teman-teman kita telah meninggal. Dan bahkan sekarang orang-orang kita tidak bebas. Mereka membawa luka mendalam di dalamnya. Tapi ini tahun lalu MSG telah diberikan konflik di Papua Barat perhatian serius dan berkelanjutan Anda. Dan itu telah menjadi semacam penyembuhan kepada kami.

Anda telah mengakui kedua penderitaan dan komitmen kami untuk menemukan cara damai dan bermartabat dari kekerasan yang mengancam untuk menelan kita.

Akhirnya, setelah 55 tahun kita telah menjadi anggota penuh dari MSG. Anda telah membawa kita kembali ke keluarga Melanesia. Anggota MSG, dan Ketua khususnya, sudah seperti seorang gembala kepada kami, menjaga domba. Anda telah hilang setelah domba yang hilang, dan meskipun semua bahaya, membawa kita kembali ke kawanannya.

Dengan menjadi anggota penuh Anda telah menciptakan ruang untuk negosiasi politik. Anda telah benar-benar membuat MSG sebuah nakamal, di mana kita bisa duduk, berbicara, mendengarkan satu sama lain, membuat perjanjian damai dan menghormati mereka.

Keputusan benar-benar menguatkan kita secara politik, emosional dan spiritual. Kami merasa berani. Bukan hanya mereka orang Papua dipaksa ke pengasingan, tetapi orang Papua Barat dalam negeri juga. Anda telah menempatkan keberanian melimpah di noken kami, tas tali tradisional Papua Barat membawa. Sekarang kami tahu Anda akan terus memberikan perhatian serius kepada kami. Itu adalah hadiah yang lebih berharga dari apapun.

Psikologis dan politis, kami merasa lebih aman. Dalam MSG kami telah menemukan tempat berlindung. Dan sementara keputusan untuk memberikan kita keanggotaan penuh menghasilkan momentum gerakan kita menuju kebebasan, kita tidak berpura-pura gerak maju akan mudah.

Menjadi anggota penuh dari MSG bukan hanya sesuatu yang kita terima. Kami mengambil tanggung jawab kami sebagai anggota penuh serius. Kami siap untuk berkontribusi juga. Kami datang bukan untuk merusak hubungan bilateral dengan Indonesia, tetapi untuk menjadi kekuatan positif dan damai untuk perdamaian yang adil.

Sekarang pintu terbuka tidak hanya untuk Melanesia tetapi semua Pasifik Selatan, ke Mikronesia dan Polinesia juga. Karena kita menjadi anggota pengamat dari dukungan MSG bagi bangsa Papua Barat telah menjadi lebih luas di seluruh Pasifik Selatan termasuk negara-negara Polinesia dan Mikronesia.

Dengan bangga saya dapat mengatakan bahwa masalah Papua Barat telah menjadi agenda utama dari seluruh penduduk di wilayah tersebut. Isu Papua Barat kini telah menjadi agenda utama dari Forum Pulau Pasifik, diikuti oleh perubahan iklim.

Sekarang tidak hanya pemimpin Melanesia tetapi pemimpin Polynesian juga seperti Perdana Menteri Tonga, Mulia Akilisi Pohiva, mengangkat isu Papua Barat di PBB. semacam ini kesatuan pan-Pasifik adalah keterlibatan hadiah dalam perjuangan Papua Barat membawa. Seperti Gratis Nuklir dan Gerakan Independent di Pasifik, yang Papua Barat juga bagian, perjuangan untuk kebebasan dalam WP memiliki kemampuan untuk menyatukan semua orang dari Pasifik.

Gelombang solidaritas yang membangun di Pasifik sudah berkeliling dunia. Di Parlemen Inggris Jeremy Corbyn, pemimpin Partai Buruh adalah mengambil hak kami untuk menentukan nasib sendiri.

Pendudukan ilegal Papua Barat telah dibuat oleh manusia. Ini adalah bangunan yang dibangun sepotong manusia dengan sepotong, keputusan keputusan.

Hal ini dapat dibatalkan. Kita bisa membatalkannya. Jadi mari kita berjalan bersama untuk menjunjung tinggi hak kami untuk menentukan nasib sendiri. Sekarang mari kita mengambil isu Papua Barat kembali ke PBB. Mereka menciptakan masalah di awal. Kita semua bersama-sama sekarang dapat membantu PBB menyelesaikannya.

Dalam mendapatkan ke MSG kami telah mengatasi tantangan yang sulit. Lebih tantangan terbentang di hadapan kita. Tapi membentang di hadapan kita adalah cakrawala. Dan di tepi apa yang tampak seperti lautan yang tak terbatas, hari baru terlihat. Papua,,? MERDEKA.

Penulis: sem ukago (Sekjen KNPB Wilayah Timika)

Editor: Nuken
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang baik, sopan dan santun.
Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan.
Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Item Reviewed: Masalah Papua Barat Telah Menjadi Agenda Utama di..!! Rating: 5 Reviewed By: Pace Kribo