Berita Kini

Lestarikan Dan Proteksi Budaya, Pemkab Nabire Gelar Pesta Seni Budaya

Penampilan Pentas Seni dan Budaya di Taman Gizi, Oyehe, Nabire. (Foto: Yosafat Mai Muyapa/KM)
NABIRE, PACEKRIBO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar Pesta Seni Budaya dalam Wilayah Meepago dan Saireri mulai terhitung dari tangga 14-19 November 2016 di Taman Gizi, Oyehe, Nabire Papua.

Ketua panitia, Natus Gobai, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan memproteksi keragaman seni budaya sebagai daya saing pada dunia globalisasi, karena  budaya sudah mulai hilangan dari suku yang ada.

“Untuk itu, terdapat 15 Distrik  di kabupaten Nabire mengikuti pesta seni budaya ini dengan menampilkan budaya mereka masing-masing,”kata Gobai, yang juga sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahgara, Kepada kabarmapegaa.com, Selasa, (15/11/16).

Lanjutnya, “Agar warga adat  di wilayah Meepago dan Saireri mengenali kebiasaan budaya mereka dan menjaling persahabatan dan menciptakan kesejahtraan serta kedamaian dalam budaya mereka.

Menurutnya, kegiatan pentas seni budaya ini yang ke empat kali.  Ia berharap, kedepannya akan dilakukan juga dengan mengundang dari kabupaten-kabupaten yang dekat dengan Kabupaten Nabir untuk mementaskan budaya mereka.

Sementara itu, Yance Rumbino, mengatakan,  penampilan dari berbagai suku yang telah tampil ini sangat bagus dalam alur cerita adat istiadat mereka.

Ia berharap, kegiatan ini perlu di tingkatkan agar anak cucu dapat membentuk karakter dari kebudayaan suku itu sendiri,”bebernya.

Sementara itu, salah satu peduli budaya, Bernadeta Butu, menyatakan bahwa “Kami sangat kagum kepada instansi pemuda dan olaragah atas kegiatan pentas budaya yang sudah melakukan  kegiatan ini.

“Karena kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan melestariakan budaya kita di publik sehingga seluruh audensi mengetahuinya,”ucapnya. 

Sumber      : www.kabarmapegaa.com
Editor         : Nuken
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang baik, sopan dan santun.
Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan.
Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Item Reviewed: Lestarikan Dan Proteksi Budaya, Pemkab Nabire Gelar Pesta Seni Budaya Rating: 5 Reviewed By: Pace Kribo