Berita Kini

Seribuan Karyawan Freeport Mogok Kerja Tuntut Kenaikan Bonus

(Foto dok)
TIMIKA, PACEKRIBO - Sekitar seribuan karyawan PT Freeport Indonesia di tambang terbuka melakukan aksi mogok kerja, sejak 28 September. Aksi itu akan terus dilakukan hingga tuntutan karyawan dikabulkan oleh perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat itu itu. Juru bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama membenarkan adanya mogok kerja para karyawannya tersebut.
Riza mengatakan, aksi mogok itu berkaitan dengan masalah pemberian bonus. Pihaknya mengaku sedang berusaha mengatasi masalah tersebut dan mengembalikan operasional di tambang terbuka.
"Mogok kerja karywan tambang terbuka, tak terpengaruh dengan operasi tambang bawah tanah dan pabrik pengolahan," ucapnya, ketika dihubungi dari Jayapura, Senin (3/10).
Sementara itu, Sekretaris Hubungan Industrial Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Freeport Indonesia Tri Puspital mengungkapkan, awal terjadinya permasalahan tersebut ketika tak lagi ada transparansi dalam pemberian bonus pada masing-masing departemen.
Saat itu, pada 19 September 2016 terungkap ketimpangan pemberian bonus bagi pekerja tambang terbuka yang hanya 17%, sedangkan bagi pekerja Geotek mendapatkan 45% dari total gaji yang diterima.
"Jelas karyawan kecewa. Apalagi karyawan juga selama ini memberikan kontribusi untuk perusahaan," kata Tri Puspital, dalam surat elektronik yang diterima GATRAnews, di Jayapura, Senin (3/10).
Dengan adanya aksi mogok ini, maka operasi tambang terbuka otomatis mogok dan tak mengasilkan bijih mineral. "Dalam satu hari para pekerja di tambang terbuka menghasilkan sekitar 200 ribu ore atau bijih mineral," ucapnya.
Tri Puspital menyebutkan, ribuan karyawan itu akan kembali bekerja setelah ada kesepakatan dan transparansi perusahaan dalam pemberian bonus, misanya bagaimana formulanya dan bagaimana cara menghitung besaran bonus tersebut. 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Gunakan kata-kata yang baik, sopan dan santun.
Dilarang keras Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan.
Orang Pintar Pasti Komentar Yang Berkualitas.

Item Reviewed: Seribuan Karyawan Freeport Mogok Kerja Tuntut Kenaikan Bonus Rating: 5 Reviewed By: Pace Kribo